Alternative Computing – Pesak Novel 14130286

Dalam respon peaper kali ini kita akan membahas tentang alternative computing yang dalam prakteknya alternative computing ini begitu erat kaitannya dengan akses data, system informasi dari suatu situs web, dalam hal ini para aktifis teknologi mereka mendesain, membangun, dan meretas suatu system atau sering dikenal dengan sebutan hacking. Dalam pengertiannya dimana teknik ini mengkonfigurasi suatu system  sehingga semakin baik. Alternative computing inisebagai salah satu ganre yang ada dimedia baru yang dimana memiliki suatu tujuan untuk membuka suatu akses dari suatu web yang ada dan menggunakan teknologi informasi.

Dalam gangre ini terdapat beberapa aspek dan bidang yang menjadi target utama dalam pengoprasiannya, antara lain sensor yang pengertiannya pembatasan kebabasan dalam suatu aksi berbicara dan interaksi, selanjutnya Internet yang menjadi poinnya tentang prinsip-prinsip netralisasi dalam jaringan. Negara dan kerahasiaan perusahaan ini merupakan salah satu yang menjadi target  dari alternative computing terhadap pengawasan, profiling dan koleksi berkas dari individu, selanjutnya adalah kebabasan intelektual dan akademik dan paling utama yaitu pembatasan atau tindakan koersif hokum kekayaan intelektual.

Gangre Alternative computinh ini memiliki berbagai istilah yang ada didalamnya, dan yang menjadi salah satu istilah yang paling dikenal oleh kalangan masyrakat yaitu Hacktivism, hacktivism ini berawal dari kata hack yang dalam pengertian bahasa Indonesianya berarti bajak. Hacktivism sendiri adalah gerakan yang pada pengaplikasiannya adalah suatu bentuk protes atas kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, social, dan politik. Tetapi mereka yang melakukan hacktivism ini bukan berarti dengan maksud yang jahat, karena begitu banyak aspek yang membuat mereka melakukan hal tersebut. Dalam pengertian yang lebih dalam mereka yang melakukan pengoprasian system computer ini ada yang disebut dengan hacker da nada juga yang disebut dengan cracker, sehingga mengandung arti yang berbeda dalam setiap prakteknya. Dimana hacker adalah seseorang yang pada prosesnya mereka ini bermaksud baik untuk berusaha mengetahui kelemahan dari suatu system dan mereka berupaya un tuk memperbaiki system yang salah tersebut sehingga system yang terdahulu menjadi lebih baik lagi, sedangkan cracker pada pengertiannya begitu berbanding terbalik dengan hacker, karena seorang cracker ini dia berusaha untuk merusak suatu system yang sudah ada.

Tapi pada sekarang ini seorang hacker itu akan dicap sebagai seorang criminal, dan apabila sesorang ketahuan melakukan suatu kegiatan yang berhubungan dengan hacking ini akan dikenakan sanksi criminal sehingga mereka bukan lagi dikenal sebagai seseorang yang memperbaiki dan melindungi suatu system tetapi mereka merypakan sosok jahat yang meretas suatu system yang ada. Dengan padangan masyarakat terhadap hacker seperti ini akhirnya membuat nama dari hacker ini menjadi jelek sehingga apapun masalah yang timbul dalam suatu web atau teknologi pasti masyarakat akan menyalahkan hacker dalam situasi tersebut. Akan tetapi menurut pandangan saya, tidak semua hacker yang ada bersifat jahat dan merusak.

  • Hacker

Hacker adalah seseorang yang mempelajari, meganalisa dan selanjutnya bila orang tersebut meninginkan dia bisa untuk membuat, memodifikasi ataupun mengekspolitasi suatu system tersebut  yang juga membantu dalam pemeriksaan system-sistem yang ada didalam program yang ada tersebut, hacker ini mempunyai beberapa golongan yang ada didalamnya dan setiap golongan yang ada mempunyai pengertian yang berbeda-beda, dan teknik hacker ini bisa memiliki arti yang berbeda-beda jika kita menanyakan ke masyarakat, terutama jika kita bertanya kepada masyarakat awam yang tidak mengerti apa-apa tentang hacker pasti mereka akan menjawab bahwa hacker ini merupakan seseorang yang jahat yang bisa merusak dan meretas suatu system yang ada dan mencuri suatu data dari suatu program yang ada, dan berbeda pengertian jika kita bertanya pada seseorang yang mengerti dan paham tentang hacker, mereka pasti akan menjawab secara lebih terbuka dengan mengunakan segala sapek yang telah mereka pelajari dan ketahui.

Hacker ini mempunyai beberapa kategori yang ada didalamnya :

  • Black Hat

Black hat merupakan suatu individu ataupun sekolompok orang yang mempunyai suatu keahlian yang begitu tinggi mengenai komputerisasi dan menguasai segalah bidang keamanan data yang ada di suatu program yang ada dikomputer dan black hat ini merupakan suatu kumpulan orang yang melakukan teknik peretasan yang tidak bersifat membangun dan meperbaiki suatu system tapi mereka mencari imbalan dalam hacking tersebut.

  • White hat

White hat ini berbanding terbalik dengan black hat, dimana white hat ini merupakan seseorang ataupun sekumpulan orang yang pada dasarnya mereka menguasai tentang teknik komputerisasi dan keamanan dalam suatu system yang ada dalam program di computer dengan tujuan mereka begitu baik, white hat ini mereka mencari tau tentang kelemahan dari suatu system dan mereka menguci seberapa kuat pertahanan dari suatu system yang ada dalam program tersebut.

  • Grey hat

Gray hat merupakan sesorang ataupu kelompok yang pada dasarnya mengusai teknik komputerisasi dan keaman program, gray hat ini merupakan seseorang yang termasuk dalam kedua kategori diatas, dimana dia bisa menyerang suatu system dan bisa juga memperbaiki suatu system yang ada

  • Suicide Hacker

Suisce hacker ini merupakan seseorang ataupun kelompok yag sudah tidak kenal takut lagi dalam menjalankan aksinya karena suicide hacker ini mempuyai visi utama untuk menyerang situs-situs vital yang ada, seperti situs kenegaraan dengan tujuan tyang menancam dan mereka tidak kenal takut dengan hokum yang akan dikenakan.

Contoh real dalam alternative computing yang terjadi sekarang yaitu :

  • Beberapa waktu lalu situs web dari suatu provider ternama di Indonesia Telkomsel di serang oleh sekelompok hacker, yang pada tujuan peretasan situs tersebut sekelompok hacker ini meretas tempilan utama yang ada dalam web telkomsel, mereka meretas halam utama dari situ telkomsel ini dengan  menulis “F*ck Telkomyet” (Bagaimana bagsa Indonesia mau maju kalo internet aja mahal” disini para hacker tersebut memprotes dengan makin mahalnya tariff internet dari telkomsel dan ini juga mewakili suara-suara rakyat yang ada di Indonesia yang semakin megeluh dengan makin mahalnya tariff internet yang ada di Indonesia.

 

Daftar Pustaka :

SAP Mata kuliah Media Baru dan masyarakat

https://www.google.co.id/amp/style.tribunnews.com/amp/2017/04/29/gara-gara-tarif-mahal-website-telkomsel-di-hack-begini-tulisan-kocak-si-hacker

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s