Common Knowledge – Pesak Novel 14130286

Commond Knowladge merupakan suatu pengetahuan yang diketahui semua orang ataupun hampir semua orang. Berkaitan dengan pembahasan mengenai common knowledge yang pada pembelajaran media baru dan masyarakat ini termasuk dalam lima gangre yang ada, dan gangre ini membahas tentang pengetahuan umum atau suatu situs yang bisa diakses oleh semua orang yang pada dasarnya memberikan pengetahuan yang dihubungan dengan era dari media baru tersebut. Dalam suatu kajian yang ada di Amerikaa mereka berpendapat bahwa terdapat lima hal mendasar yang telah mengubah kebiasaan dasar dari masyarakat umum dalam bermedia yaitu : 5C (Choice, Conversation, Curation, Creation dan Collaboration.) seperti yang termasuk didalam 5C ini kolaborasi  ini sangat berkaitan denga pola perilaku masyarakat yang saat ini berkembang diera media baru dan era digital dalam hal penciptaan informasi secara bersama atau berkolaborasi.

Pada dasarnya gangre common knowledge ini merupakan suatu gangre yang ada dimedia baru yang bisa menjadi suatu bahan kepada masyarakat luas dalam pencarian suatu informasi dan mempermudah segala aspek pencarian informasi hal ini dikarenakan dalam gangre ini masyarakat bisa langsung mnecari informasi apa yang dibutuhkan lewat media online tersebut. Sistem folksonomy adalah suatu system yang digunakan dalam gangre common knowledge guna dapat mempermuda masyarakat dalam pencarian suatu informasi yang ada. Dibandingkan dengan dahulu pencarian suatu informasi itu sangat sulit karena masyarakat masih menggunakan cara-cara traditional untuk membantu mereka dalam menemuka suatu informasi. Common Knowladge telah menjadi bagian terpenting yang ada didalam kehidupan dalam bermedia terlebih khusus menjadi suatu lanskap kontemporer dalam media social dan web 2.0 dalam perkembangannya menjadi pesaing yang begitu kuat sekaliggus komplemen bagi bentuk pengetahuan yang lebih otoritas dan istitusional.

Crowdsourcing merupakan suatu kata  yang berasal dari kata crowd yang dalam pengertiannya berarti kerumunan orang dan sourcing yang artinya sumberdaya. Jadi pada pengertiannya crowdsourcing ini mempunyai arti suatu system atau konsep yang sumber daya berbasis kerumunan. jika diartikan secara umum crowdsourcing ini dapat memiliki arti memvberiukan suatu permasalahan yang ada kepada masyarakat luas, lalu dengan adanya permasalahan itu masyarakat ataupun khalayak tersebut memiliki ketertarikan dengan  permasalahan yang ada dan merasa memilki suatu solusi dan pada akhirnya khalayak tersebut ingin memberikaan suatu jabawan dan berpartisipasi dalam penyelesaian masalah tersebut.

Menurut Jeff P. Howe, Crowdsourcing merupakan suatu aktifitas atau tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi yang mengambil salah satu fungsi pekerjaan yang seharusnya diselesaikan karyawannya, namun disebarluaskan secara terbuka dan bebas untuk banyak orang ataupun kerumunan yang pada dasarnya terkoneksi oleh computer dalam hal ini internet.

Dalam pengambilan kesimpulan kita bisa melihat bahwa keuntungan dari crowdsourcing ini yaitu suatu perusahaan ataupun institusi dalam hal melakukan research tentang apapum yang akan mereka cari ini bisa langsung menggunakan crowdsourcing agar dapat menekan budget dalam pelaksanaan dan juga pada hasilnya mendapatkan suatu keefektivitas dalam melakukan pencarian suatu informasi yang ada  dan bisa mendapatkan solusi yang dibutuhkan, sehingga pada akhirnya suatu perusahaan ini tidak perlu lagi untuk menerima pekerja baru yang pada dasarnya hanya untuk melakukan research tetapi dengan adanya crowsourcing ini suatu perushaan bisa langsung dapat bantuan dari user-user yang ada dalam suatu media yang akan membagikan pengetahuan mereka.

Dalam era media baru pengetahuan umum atau Common knowledge dapat kita peroleh dimana saja karena era sekarang semua telah terhubung dengan internet sehingga mempermuda kita dalam penemuan suatu informasi yang terhubung ke situs yang ada, dalam pencarian informasi didalam pengetahuan umum ini ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan karena tidak semua orang yang memberikan informasi didalamnya itu benar adanya dan juga kita bisa melihat terlebih dahulu tingkat kepercayaan dari pembaca terhadap situs tersebut sehingga kita tidak mendapatkan suatu informasi yang keliru.

Dalam contoh real yang ada common knowledge dimasyarakat Indonesia yang begitu hits saat ini terlebih khusus di ibu kota Jakarta yaitu Waze dimana ini merupakan suatu aplikasi berbasis map yang dapat membantu seseorang dalam pencarian jalan untuk menuju suatu tempat tujuan dan waze ini merupakan suatu common knowledge di era media baru karena disini para penguna bisa berbagi informasi yang ada seputar keadaan lalu lintas yang ada diseputarnya sehingga sanggat membantu dalam era sekarang yang dimana semua membutuhkan kecepatan.ini merupakan suatu solusi bagi orang-oraang diperkotaan terlebih khusus bagi orang-orang yang kurang mengetahui jalan meuju suatu tempat sehingga waze ini dapat membantu seseorang menuju tempat tujuan dengan tidak tersasar.

DAFTAR PUSTAKA

https://en.wikipedia.org/wiki/Common_knowledge

SAP MATA KULIAH MEDIA BAR

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s