Culture Jamming – Pesak Novel 14130286

Apa itu culture jamming ???

Dalam pengertiannya culture jamming ialah merupakan suatu upaya yang dilakukan suatu kelompok atau masyarakat dalam melawan suatu gerakan dari pemerintahan maupun suatu perusahaan yang menurut mereka adalah hal yang tidak baik yang diterapkan dalam karya seni yang disampaikan oleh pembuatnya yang merupakan suatu hasil yang baik. dalam penerapannya culture jamming mengambil suatu bentuk dari budaya popular yang ada kemudia mereka mengemasnya menjadi suatu pesan baru yang dengan tujuan untuk mengkritisi budaya yang ada tersebut.

Menurut Struart Ewen yang merupakan seorang  kritikus social culture jamming adalah serangan pada kekuatan yang mendominasi public yang dalam penerapannya mereka menyerang kaum penguasa tersebut dengan gambar-gambar dan tanda-tanda yang memanuipulasi makna sejati dari yang ada dan menyesatkan public.ada juga yang berpendapat bahwa culture jamming ini merupakan suatu perlawanan terhadap suatu kaum besar yang mendominasi ini melalui karya seni yang sifatnya untuk mengkritik.

Jamming itu sendiri dikenal sebagai suatu istilah slang didunia radio citizen band yang berarti praktek menginterupsi percakapan diantara CB-zen (Warga CB). Namun sebenarnya isitilah ini pertama kali digunakan oleh sebuah grup rock Negativland dengan syair-syair yang provokatif didalamnya (Barkeley AS. 1979)

Negativland yang merupakan suatu band yang menciptakan istilah culture jamming pada tahun 1984 untuk menggambarkan perubahan billboard dan seni bawah tanah lainnya yang berusaha untuk menjelaskan sisi gelap dari computer. Budaya dari culture jamming ini menangkap bahwa gambar dan ide-ide dari suatu budaya media mainstream untuk membuat suatu titik kritis . saran sebagai desain media yunus pretty telah menempatkan itu, itu adalah startegi yang mengubah kekuasaan korporasi terhadap dirinya sendiri dengan memilih co, hacking, mengejek, dan mengkontekstualisasikan makna (Pretti, 2001;1)

Dalam perkembangannya istilah dari culture jamming ini berubah menjadi sebuah entitas yang khas yang dikenal sebagai culture jamming dengan jammer sebagai sebutan dari pelakunya. Sekarang seperti yang kita ketahui bahwa culture jamming buka hanya bisa kita dapatkan dibillboard tetapi ada di media massa jga. Setiap orang, asal memiliki koneksi terhadap jaringan internet ia bisa mengunggah informasi apapun sehingga menjadi arsip data yang bisa diaskes oleh siapa pun (Rulli, 2014; 103). Dalam hal ini culture jamming juga mengambil bentuk suatu budaya popular, mengemas ulang menjadi pesan baru dengan tujuan menumbangkan dan mengkritisi budaya tersebut.

Dalam penerapan culture jamming sendiri sudah merambah ke media baru yang ada seperti bisa kita jumpai dalam  media-media social berupa instagram, path dan juga youtube yang menjadi wadah dalam pengekspresian suatu komunitas dalam mengkritik suatu budaya pouler, jika didalam media baru culture jamming ini bisa berupah meme yang sifatnya itu mengarah kepada suatu objek yang ditujuh, dan mereka menggunakan culture jamming ini terhadap seluruh informasi yang mereka berikan seperti contohnya facebook menjadi fatbook dan iklan cocacola yang dibuat menjadi suatu parody yang sifatnya mengkritisi produk tersebut.

Dalam contoh kasus real yang ada di Indonesia kita bisa mengambil contoh para masyarakat mengkritisi tentang sensor yang diberlakukan KPI.

Untitled

Dalam meme ini kita bisa lihat bahwa culture jamming dari warga yang menuliskan apakah Cuma diindonesia  memeras susu sapi disensor, da nada juga suatu meme yang menyidir tentang KPI “kalau udah disensor berarti kita udah tiba di indonesia” yang dalam hal ini masyarakat atau suatu kelompok mereka merasa bahwa KPI terlalu berlebihan dalam pensensoran suatu film  karena hal yang menurut mereka tidak perlu untuk di sensor tapi malah disensor dan akhirnya menjadi suatu kelucuan dikalangan masyarakat yang menonton yang pada akhirnya menyebabkan timbulnya suatu gerekanan untuk menyingung suatu kajian yang ada.

Daftar pustaka :

Buku

Rully Nasrullah. 2014. Teori dan riset media siber. Kencana Prenada media. Jakarta

Gambar

https://www.google.co.id/search?q=meme+sensor+kpi&source=lnms&tbm=isch&sa=X&sqi=2&ved=0ahUKEwjUttvuuujTAhVBNI8KHVIfBrYQ_AUIBigB&biw=1366&bih=700&dpr=1#imgrc=HbD0phoLM8DB3M

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s