Participatory Journalism – Ricky Widjaya 14140182

DEFINISI

Dengan adanya media baru membuat Ruang dan tempat baru bagi jurnalisme di New Media. Setiap adanya perubahan baru atau tindakan yang diambil maka pasti ada dampak positif dan negatifnya. Dalam kasus media baru yang membuat jurnalisme dia media baru ada beberapa sisi positif dan negatifnya.

Positifnya dari adanya jurnalisme media online adalah kita mendapatkan beragam jenis pemberitaan dari berbagai tempat sehingga berita yang kita dapat tidak satu seragam seperti di media televise yang pemberitaannya rata-rata sama semua topiknya. Hal ini disebabkan oleh jurnalis yang mengupload berita bukan hanya jurnalis dari perusahaan namun seluruh masyrakat dapat menulis berita dia portal berita online. Jurnalis tersebut terdiri dari warga sekitar ditempat kejadian dan disebut sebagai jurnalis partispatoris. Semakin banyak jurnalis partisipatoris maka berita yang kita terima semakin banyak ragam dan berita yang kita dapat pun akan semakin cepat karena jurnalis partisipatoris tidak perlu meng-acc berita apa yang akan dipublish sehingga mereka dapat mengetik dan foto di tempat kejadian dan langsung upload. Sehingga hal itu yang membuat berita media cetak dan televisi terpukul oleh berita media online. Karena dari segi kecepatan waktu dan jenis ragam beritanya dan masyarakat pun dapat memberikan opini mereka di portal berita online sehingga masyarakat yang membaca bebas berpendapat dan mereka pun dapat berpendapat apakah berita yang ditulis adalah benar atau salah.

Negatifnya dari adanya jurnalisme media online adalah ketepatan berita yang ditulis belum tentu benar sehingga membuat masyarakat kurang percaya dengan berita apa yang ditulis di portal berita online. Karena semua masyarakat dapat menulis berita di portal berita online. Sehingga membuat kredibilitas nya rendah berbeda dengan berita media cetak dan televisi. Dan jurnalisme media online melahirkan yang namanya jurnalis partisipatoris yang berbeda dengan jurnalis media cetak atau media online yang sudah terlatih sehingga gaya penulisan mereka pun tidak seperti gaya penulisan jurnalis media cetak dan media televisi. Sehingga terkadang membuat penulisan yang ditulis adalah subjektif sedangkan berita yang seharusnya ditulis adalah objektif dan tidak boleh berpihak pada manapun. Sehingga biasanya jurnalis partisipatoris dapat menggiring pembaca ke opini si penulis. Padahal dalam penulisan berita, Penulis tidak boleh menaruh opini mereka karena dapat menggiring pembaca atau menghasut pembaca agar searah dengan pemikiran mereka.

Participatory dapat di jelaskan sebagai bentuk  partisipasi seseorang terhadap suatuproduk jurnalisme. Dimana participatory journalisme ini fokus pada journalisme media baru.Terdapat beberapa jenis partisipasi journalism pada media baru, yaitu : (Dana R Fisher & Larry Michael Wright)

  • Utopian
  • Dystopian
  • Technorealism
  1. Utopian :Jenis ini adalah jenis pasrtisipasi journalisme yang sangat mendukung akan hadirnya media baru sebagai media massa yang lebih mukthakir dari media massa tradisional.
  2. Dystopian
    Berbeda degan utopian, jenis ini adalah jenis yang tidak mendukung atas hadirnya media baru, karena Dystopian menganggap media baru sebagai media yang memiliki dampak yang buruk dan tidak layak untuk dikonsumsi khalayak.
  3. Technorealism :

Jenis partisipasi journalisme ini adalah jenis yang berusaha netral dar jenis-jenis partisipasi journalisme yang ada, mereka tidak menolak akan adanya media baru, namun mereka juga menyadari bahwa media baru juga akan memiliki dampak yang buruk jika di produksi dan konsumsi produknya dengan tidak bijak.

Participatory Journalism cukup membawa dampak yang baik bagi media baru, mengapa ? dengan adanya journalism ini memberikan warna baru bagi dunia media massa baru, kecepatan dalam memberikan informasi dan format yang berbeda dari wartawan konvensional menjadikan journalism ini cukup diminati, setiap orang ingin menjadi no 1 dalam memberikan informasi. Contohnya ada pada masa sekarang ini, terjadinya demo pada tanggal 4 november lalu banyak partisipasi journalism yang memberikan produk jurnalistiknya di media baru, banyak yang menciptakan produknya dari pandangan yang positif  bahkan negatif.

CONTOH KASUS

Wikinews (Beritawiki) adalah sebuah wiki yang berhubungan dengan aktualitas atau berita-berita yang masih hangat. Seperti Wikipedia, situs ini juga dikelola oleh yayasan Wikimedia.

Contoh nya pada saat lagi pemberitaan tentang Ahok kasus penistaan agama, dimana berita yang hangat ini sangat aktualitas nya harus sesuai dan berita berita tersebut berbagai sumber yang actual, di wikinews akan membantu hal tersebut untuk memberikan berita terupdate tersebut.

https://pdfs.semanticscholar.org/0462/f7023bc59379ab026e5a5d5e4aa2f1719755.pdfhttps://pdfs.semanticscholar.org/0462/f7023bc59379ab026e5a5d5e4aa2f1719755.pdf

http://www.kompasiana.com/jojowulan/citizen-journalism-apa-dan-bagaimana_550ffe8a813311af36bc6061

http://www.jdlasica.com/2003/08/07/what-is-participatory-journalism/

https://id.wikipedia.org/wiki/Wikinews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s